Buku inspiratif bagi pembudidaya Nila

Segera dapatkan bukunya di Tokopedia ke link: https://www.tokopedia.com/maiofficial

Penyakit pada ikan masih menjadi masalah besar dalam budidaya ikan nila, kematian ikan karna factor pathogen masih beragam dipengaruhi oleh jenis pathogen, tingkat virulensi pathogen, jenis ikan, ukuran ikan, kondisi nutrisi ikan, dan kondisi kualitas air budidaya.

Pengendalian penyakit perlu dilakukan sedini mungkin, untuk mencegah kematian tinggi dan kerugian besar. Penyakit sendiri secara umum dibedakan menjadi penyakit infeksius (bakteri, virus, jamur, parasite, fungi) dan penyakit non infeksius (faktor lingkungan (kedalaman air, suhu, pH, alkalinitas, oksigen); keberadaan logam berat; faktor nutrisi (kekurangan atau kelebihan mikro dan makro nukrien dalam pakan); faktor genetic; factor penanganan (transportasi, grading); dan factor lain).

Upaya yang dilakukan adalah mengetahui sedini mungkin penyebab penyebab pathogen (jenis, bentuk morfologi, dan fisologinya) serta factor pendukung keberadaan parasite.

Pakan merupakan salah satu komponen biaya yang cukup besar dalam pengembangan budidaya ikan nila. Untuk mendukung efisiensi dan efektivitas produksi, penting untuk melakukan perbaikan formulasi pakan dengan melakukan subtitusi untuk bahan baku yang bernilai ekonomi tinggi dengan bahan baku alternatif yang memiliki nilai ekonomi lebih rendah namun masih mampu memenuhi kebutuhan nutrisi spesifik ikan nila.

Implementasi manajemen pakan yang tepat akan memastikan kandungan nutrisi dalam pakan dapat diberikan secara optimal sehingga pada akhirnya produktivitas budidaya dapat ditingkatkan.

Buku ini memberikan inspiratif bagi para pecinta budidaya Nila, karena mengupas teknologi, penyakit, pakan.

Sumber: sekretariat MAI

Scroll to Top