Penanaman Terumbu Karang Kebangsaan “Garuda Di Lautku” Tahun 2020 di Pulau Kodingareng Keke

Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Hanarko Djodi Pamungkas menyelam di spot penanaman Terumbu Karang Kebangsaan “Garuda Di Lautku” tahun 2020 bertempat di Pulau Kodingareng Keke, Selasa (31/12/2019).

Penyelaman ini bertujuan meninjau kesiapan tempat serta pengecekan kembali posisi di dasar laut, tempat akan ditanamkannya terumbu karang kebangsaan “Garuda Di Lautku” tersebut.

Danlantamal VI menyampaikan bahwa untuk peninjauan ini merupakan pengecekan tempat posisi yang akan menjadi pusat atau center penanaman Terumbu Karang Kebangsaan di sekitar laut pulau Kodingareng Keke.

“Penentuan posisi penanaman telah dilaksanakan pada tanggal hari Sabtu tanggal 27 Desember 2019 kemarin dan hari ini kita  meninjau kembali posisi yang sudah ditentukan tersebut”, ujarnya.

“Peninjauan dilaksanakan dengan penyelaman di tempat penanaman, kedalamannya pun sekitar 6,5 m sampai dengan 20 m di dasar laut dengan titik pusat atau center posisi penanaman berada di kedalaman 15 m”, ujar Danlantamal VI.

“Setelah diadakan peninjauan, untuk langkah selanjutnya yaitu dilaksanakan pemasangan tanda di tempat spot penanaman terumbu karang kebangsaan berbentuk Garuda ini oleh tim penyelam dari Lantamal VI yang berjumlah 12 orang”, tambahnya.

Event Garuda Di Lautku telah menjadi fenomenal di kalangan praktisi pendidikan khususnya di wilayah kota Makassar. Hal tersebut didasari oleh pertemuan diantara Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Hanarko Djodi Pamungkas saat menerima kunjungan pakar praktisi Kelautan dan Perikanan dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M. Sc bertempat di ruang Kerja Danlantamal VI baru – baru ini.

Sebagai Ketua pelaksana Event Garuda Di Lautku, Danlantamal VI selaku tuan rumah bangga dan berterima kasih atas kedatangan Professor Jamaluddin Jompa beserta rombongan di Lantamal VI.

Dalam pertemuan tersebut, Danlantamal VI menjelaskan tentang konsep event “Garuda Di Lautku” yang akan menanamkan terumbu karang kebangsaan tahun 2020 sebagai usaha dalam meningkatkan kepedulian terhadap keberlanjutan ekosistem pesisir dan laut sehingga dampak dari kelestarian itu bisa dirasakan langsung oleh masyarakat Makassar khususnya di kawasan Pulau Kodingareng Keke.

“Konsep Garuda Di Lautku ini merupakan konsep yang mengandung nilai kebangsaan untuk menghimbau kepada masyarakat umum tentang kemaritiman bahwa di dalam laut terdapat kekayaan yang harus kita jaga kelestariannya karena terdapat bermacam-macam biota laut yang hidup dan sumber kehidupan untuk masa depan manusia”, ujar Danlantamal VI.

“Saat sekarang ini, Event Garuda Di Lautku telah memasuki tahap persiapan launching yang nantinya diadakan di anjungan City Of Makassar Pantai Losari pada tanggal 17 Januari 2020, untuk itu diharapkan kehadiran bapak Professor Jamaluddin di acara ini nantinya”, tambah Danlantamal VI.

Sementara itu pakar Kelautan dan Perikanan Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M. Sc mengatakan sangat mendukung dan akan turut mensukseskan event Garuda Di Lautku.

 

Sumber: https://tni.mil.id/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top