May 11, 2021

MASYARAKAT AKUAKULTUR INDONESIA

MEMAJUKAN AKUAKULTUR INDONESIA

Menteri KP Kembangkan Pelabuhan Mayangan Jadi Sentra Ekonomi Perikanan

Menteri KP Kembangkan Pelabuhan Mayangan Jadi Sentra Ekonomi Perikanan

JawaPos.com–Kementerian Kelautan dan Perikanan akan mengembangkan Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur, menjadi sentra ekonomi perikanan.

”Saya berencana menjadikan PPP Mayangan sebagai model sentra ekonomi dari sektor perikanan,” kata menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Sakti Trenggono seperti dilansir dari Antara dalam kunjungan di PPP Mayangandi Kota Probolinggo.

Dalam kunjungan tersebut, Wahyu melihat fasilitas sarana dan prasarana yang dimiliki Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan Kota Probolinggo.

”Itu adalah pelabuhan perikanan yang dikelola pemerintah provinsi. Saya ingin pelabuhan itu menjadi model, ke depan menjadi satu sentra ekonomi perikanan,” tutur Wahyu Sakti Trenggono.

Saat ditanya anggaran pembangunan PPP Mayangan, pihaknya mengaku saat ini masih menunggu desain yang akan diserahkan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Sementara itu, Plt Dirjen Perikanan Tangkap M. Zaini yang turut serta dalam kunjungan itu mengatakan, pembangunan pelabuhan perikanan itu bersumber dari APBN. Pihaknya akan koordinasi dengan pemangku kepentingan lain untuk pengembangan ke depan.

”Desainnya belum kami terima untuk pengembangan yang baru,” terang Zaini.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan pinjaman modal kerja kepada Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP) untuk enam pelaku usaha pengolah dan pemasar hasil perikanan, usaha produksi garam, serta usaha budi daya ikan.

Plt Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan (Dispertahankan) Kota Probolinggo Yoyok Imam mengapresiasi perhatian Kementerian Kelautan dan Perikanan terhadap pengembangan sektor perikanan di daerah.

”Alhamdulillah, selama ini Kementerian KP sudah banyak memberikan fasilitasi termasuk pada akhir 2020 juga dapat bantuan untuk pedagang pasar ikan, pelaku usaha perikanan, berupa peralatan-peralatan dan sarana prasarana yang dibutuhkan,” terang Yoyok Imam.

Pemkot Probolinggo akan membuat program pembangunan sektor perikanan yang lebih baik lagi. Yoyok Imam berharap dapat ditindaklanjuti dengan program–program lain yang lebih bermanfaat  bagi masyarakat, nelayan, dan pelaku usaha perikanan di Kota Probolinggo.

sumber;https://www.jawapos.com