Ikan Koi Lengkap

harga ikan koi

Siapa yang tidak tau dengan jenis ikan hias yang satu ini? Sangat menarik dan juga memiliki harga jual yang tidak sedikit. Untuk pemula yang ingin tau harga ikan koi berdasarkan jenisnya sekarang ini.

Ikan koi menjadi salah satu jenis ikan hias yang memiliki daya tarik tersendiri, dan inilah yang menjadikan ikan koi memiliki harga jual yang terus merangkak naik dari tahun ke tahun. Salah satu hal yang membuat ikan koi memiliki pasar yang cukup luas, sebab ikan koi memiliki corak menarik.

Selain itu dalam kepercayaan fhengshui sendiri, memelihara ikan koi menjadi salah satu ciri khas kehidupan hal ini dipercaya ikan koi memberikan makna kebahagiaan sampai kemakmuran. Tak heran jika ikan koi memiliki orientasi yang agak unik bagi pemelihara.

Dilain sisi sendiri, ikan koi banyak dimanfaatkan untuk beberapa jenis pemeliharaan untuk ikan aquarium dibeberapa tempat wisata, restoran mewah sampai hotel. Peminatnya yang rata-rata adalah kelas atas sampai menengah, menjadikan ikan koi memiliki potensi lebih untuk para peternaknya dan tak heran ini berkaitan dengan peluang bisnis yang dihasilkan.

Bisnis ikan koi memang terbilang menarik untuk dicoba oleh pelaku agribisnis, sebab tingginya permintaan ikan koi dan kualitas harga jualnya yang menjadi bahan pertimbangan untuk berbisnis pada ikan koi. Penasaran? Berikut ini ulasan mengenai bisnis ternak ikan koi selengkapnya:

Peluang Bisnis Ternak Ikan Koi

Untuk memulai agribisnis, tentu skala bisnis dari komoditas tertentu yang kita bidik harus memiliki prospek dan peluang bisnis yang bagus.

Tak terkecuali kali ini untuk bisnis ternak ikan koi, dilansir dari Finance Detik.com budidaya ikan koi saat ini menghasilkan keuntungan yang menarik. Banyak orang yang memanfaatkan manfaat dirumah untuk memelihara ikan koi, dan ini mendatangkan keuntungan lebih bagi peternak ikan koi.

Peternak ikan koi di wilayah Blitar, menghasilkan kenaikan keuntungan sebanyak 50% dengan peningkatan penjualannya. Salah satu kriteria ikan koi dengan harga jual bagus yaitu memiliki ukuran antara 15 sampai 20 cm.

Sebab dalam ukuran ini memiliki harga jual yang ternilai fantastis untuk satu ekornya, memang fokus pemeliharaannya untuk skala kolam besar.

Harga jualnya bisa mencapai 3 juta untuk satu ekor ikan koi berjenis Showa. Nah ini menariknya, Anda bisa menentukkan sendiri target pasar untuk ikan koi yang dipelihara.

Jika menjual untuk skala besar atau kolam besar tentu lebih menguntungkan. Bahkan untuk ukuran jumbo seperti 45 cm sendiri memiliki harga mencapai 10 juta. Sangat menarik untuk dicoba bisnis budidaya yang satu ini.

Ciri-ciri Ikan Koi Berkualitas

Nah untuk Anda yang ingin membeli pertimbangan dalam memilih dan membeli ikan koi tentu saja terletak pada kualitas fisik yang nampak.

Lalu apa saja pertimbangan dalam memilih ikan koi secara tepat? berikut penjelasan lebih lengkapnya:

  1. Gerakannya lincah dan gesit
  2. Berasal dari indukannya yang bagus. Sebab ini akan mempengaruhi proses tumbuh kembangnya.
  3. Penampakan corak dan warnanya terang serta memiliki daya tarik tersendiri.
  4. Terlihat mata ikan koi sehat, bersih dan bening.
  5. Tidak nampak cacat fisik, sirip maupun sisiknya.

Ada 5 poin yang bisa menjadi acuan Anda dalam memilih ikan koi, Ikan koi yang dijual biasanya memang memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Inillah menjadi faktor penentu kualitas yang tentu saja berpengaruh pada harganya.

Berikut ini akan membahas harga dari masing-masing jenisnya:

Kisaran Harga Ikan Koi Berdasarkan Jenisnya

Harga menjadi salah satu pertimbangan untuk membeli ikan hias koi yang memiliki harga yang berbeda-beda pada tingkatan kualitasnya.

Berikut ini akan menjabarkan harga jual ikan koi pada yang sudah berukuran sedang atau besar:

Jenis Ikan KoiKisaran Harga Ikan Koi
Ikan Koi TanchoRp.700.000 – Rp.1000.000,-
Ikan Koi ChagoiRp.200.000 – Rp.400.000.-
Ikan Koi ShowaRp.1.000.000 – Rp.3.000.000,-
Ikan Koi SlayerRp.1.500.000 – Rp.2.000.000,-
Ikan Koi KohakuRp.500.000 – Rp.1.000.000,-
Ikan Koi SankeRp.250.000 – Rp.500.000,-
Ikan Koi Ochiba ShigureRp.200.000 – Rp.300.000,-
Ikan Koi Shiro UtsuriRp.700.000 – Rp.1.000.000,-
Ikan Koi Ki UtsuriRp.850.000 – Rp.1.000.000,-
Ikan Koi Hi UtsuriRp.950.000 – Rp.1.100.000,-
Ikan Koi KumonryuRp.600.000 – Rp.900.000,-
Ikan Koi ShusuiRp.500.000 – Rp.800.000,-
Ikan Koi OgonRp.1.500.000 – Rp.2.000.000,-
Ikan Koi GeromoRp.500.000 – Rp.800.000,-
Ikan Koi AsagiRp.1.200.000 – Rp.1.500.000,-

Keterangan tabel:

  • Harga diatas bisa berubah-ubah setiap waktu.
  • Harga diatas merupakan kisaran harga umum yang berada dipasaran.
  • Daftar harga yang ada, juga berbeda-beda untuk setiap daerah

1. Ikan Koi Tancho

ikan koi tancho

Salah satu jenis ikan koi yang memiliki corak unik layaknya bendera jepang, sebab pada bagian kepalanya terdapat warna merah menyala dan coraknya berbentuk lingkaran.

Sedangkan warna lainnya bentuknya putih tulang dan bersih. Menjadi ciri khas bagi jenis ikan koi yang satu ini.

2. Ikan Koi Chagoi

ikan koi chagoi

Jenis ikan koi yang memiliki corak polos namun warna yang dimilikinya sangatlah khas. Sebab hampir seluruh tubuh pada ikan koi yang satu ini berwarna kuning keemasan atau hampir menyerupai kuning kunyit.

Sedangkan untuk bentuk siripnya ada corak kehitaman yang berpadu dengan warna khasnya.

3. Ikan Koi Showa

Layaknya dengan ciri khas seperti ikan koi lainnya, ikan koi showa memang memiliki corak yang beragam.

ikan koi showa

Dominasi untuk warna corak yang nampak seperti oranye, putih dan hitam. Memiliki keindahan warna yang cantik membuat jenis yang satu ini banyak diburu oleh kolektor koi pada umumnya.

4. Ikan Koi Slayer

Kenapa disebut slayer? sebab ikan koi jenis ini memiliki sirip bak slayer yang indah dan menawan. Tak heran jika jenis satu ini memiliki daya tarik dari bentuk siripnya yang unik.

ikan koi slayer

Selain itu corak warnanya ada yang berpadu kuning emas dan hitam ada juga yang polos berwarna putih susu.

5. Ikan Koi Kohaku

Mungkin untuk pecinta ikan hias koi, sudah sangat familiar dengan jenis yang satu ini. Ya, jenis ikan koi kohaku memiliki corak yang menjadi ciri khas pada ikan koi umumnya.

ikan koi kohaku

Warna corak yang nampak ialah warna oranye kemerah-merahan yang berpadu dengan warna putih tulang yang menyala.

6. Ikan Koi Sanke

Jika sebelumnya ikan koi kohaku memiliki dua warna corak yang menjadi ciri khasnya. Untuk jenis yang satu ini memang memiliki perpaduan dengan warna corak hitam.

ikan koi sanke

Cukup unik dalam satu berpadu 3 warna sekaligus, yang inilah menjadikan ikan koi sanke patut untuk menjadi list koleksi Anda.

7. Ikan Koi Ochiba Shigure

ikan koi ochiba shigure

Ada satu lagi jenis ikan koi yang memiliki corak menarik salah satunya warna yang dimiliki berwarna kuning keemasan. Selain itu perpaduan warna putihnya seperti warna putih metal yang jika dilihat akan mengkilat.

Sangat menarik untuk memenuhi aquarium maupun kolam dirumah Anda.

8. Ikan Koi Shiro Utsuri

Menarik lagi yang satu ini, jenis ikan koi ini memiliki perpaduan warna hitam menyala dengan putih tulang yang sangat elegan.

ikan koi shiro utsuri

Selain itu bentuk siripnya juga menarik layaknya dengan jenis lainya. Ikan koi shiro utsuri ini menjadi dambaan para kolektor sebab kecantikannya.

9. Ikan Koi Ki Utsuri

Berbeda dengan jenis yang sebelumnya, perbedaan nyata yang nampak memang ada pada corak warna yang dimiliki ikan koi ki utsuri ini.

ikan koi ki utsuri

Warna kuning menyala dan berpady dengan warna hitam pekat menyala, dominasi warna yang berbaur unik menjadikan ikan koi yang satu layak memiliki harga yang pantas.

10. Ikan Koi Hi Utsuri

Masih satu keluarga dengan sebelumnya juga, ikan koi hi utsuri ini perpaduan warnanya yaitu oranye dan hitam pekat menyala.

ikan koi hi utsuri

Tak heran jika jenis yang satu ini sangat menarik untuk dikoleksi dan pastinya bentuknya sama dengan Ki Utsuri maupun Shiro Utsuri.

11. Ikan Koi Kumonryu

Bentuk corak warna yang menarik dari jenis Ikan Koi Kumonryu yaitu dominasi warna hitam pekatnya hampir ada diseluruh tubuh.

ikan koi kumonryu

Namun ada berpadu warna putih pada bagian atas kepala dan sirip atasnya, ini yang menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmatnya.

12. Ikan Koi Shusui

ikan koi sushui

Warna ikan Koi Shusui ini didominasi oleh corak 3 warna yang berpadu dan memiliki bentuk corak unik yang berbentuk sisik pada bagian atas kepala.

Warna oranye kemerah-merahan, putih dan hitam menjadi ikan yang satu ini lebih menyala dan bagus untuk koleksi.

13. Ikan Koi Ogon

ikan koi ogon

Tanpa campuran corak yang beragam, tidak menjadikan jenis ikan koi ini sepi peminat. Sebab salah satu hal istimewa yang dimilikinya adalah warna platinum yang mendominasi tubuhnya.

Warna yang biasa ada pada Ikan Koi Ogon ini seperti kuning, putih hingga oranye, cantik dan menyala saat dipandang.

14.Ikan Koi Goromo

Warna yang dimiliki oleh jenis ikan koi yang satu ini adalah adanya perpaduan warna merah dan coklat yang sangat nampak.

ikan koi goromo

Sekaligus juga, corak bundar yang terlihat sangat nyata. Perpaduan kedua warna tersebut semakin menarik dengan adanya warna putih tulang yang bagus.

15. Ikan Koi Asagi

Lebih unik, mungkin cocok untuk corak warna Ikan Koi Asagi yang satu ini. Perpaduan warna abu-abu yang menyesuaikan bentuk sisiknya serta pada siripnya berwarna oranye hingga putih metal.

ikan koi asagi

Menjadikan jenis yang satu ini layak untuk Anda koleksi, selain itu ada juga warnanya yang polos putih metal saja.

Itulah beberapa jenis ikan koi beserta harganya yang bisa Anda miliki. Selain itu jika Anda hendak ingin membeli maupun menjual. Pastikan pada tempat terpercaya.

sumber: https://gdmagri.com