DJPT Dukung Kampung Nelayan Berkemajuan di Wonokerto, Pekalongan

Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendukung kampung nelayan berkemajuan di Wonokerto, Kabupaten Pekalongan atas prakarsa Majelis Pemberdayaan Masyarakat Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Pembangunan kampung nelayan oleh ini sejalan dengan program DJPT KKP dalam pengelolaan dan penataan kampung nelayan.

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap M. Zulficar Mochtar mengatakan pemerintah terus mendorong berbagai pihak, tidak hanya BUMN dan swasta dalam berkontribusi pembangunan kampung nelayan. Dia mengapresiasi Mejelis Pemberdayaan Masyarakat Pimpinan Pusat Muhammadiyah ini yang turut berperan serta dalam membangun kampung nelayan.

"Ini merupakan terobosan sinergi antara pemerintah dengan Muhammadiyah sebagai salah satu langkah dalam meningkatkan kesejahteraan nelayan. Penataan kampung nelayan ini merupakan upaya dalam menghilangkan kesan pemukiman nelayan yang kotor dan kurang nyaman," katanya saat memberikan sambutan dalam launching kampung nelayan dan penyerahan kapal perikanan Pangeran Sabrang Lor 1 dan 2 untuk nelayan.

Lebih lanjut Zulficar menjelaskan salah satu permasalahan serius yang dihadapi nelayan saat ini kurangnya infrastruktur. Selain padatnya populasi juga kurangnya kesadaran warga untuk menjaga kebersihan dan kesehatan di lokasi tersebut.

"Dampaknya adalah pemukiman nelayan yang kurang layak huni dan sanitasi yang tidak memadai. Hal ini tentu bisa menimbulkan berbagai penyakit bagi warganya serta tidak memiliki daya saing sebagai desa nelayan," imbuhnya.

Di akhir sambutannya, dia juga meminta agar para nelayan dapat meningkatkan rasa kepedulian terhadap kawasan yang ditinggalinya. Contoh kecilnya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan meminimalkan penggunaan plastik.

 

Sumber: https://kkp.go.id/

Leave a reply